Lembaga Pelatihan Mutiara Kasih kembali membuka kursus untuk menjadi pengasuh bayi / anak dan pendamping orang sakit/lansia yang diadakan pada tanggal 5 September 2018, dan secara resmi pelatihan angkatan 74 dimulai. Pelatihan ini mendapat bantuanĀ  dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui Program Pendidikan Kecakapan Kerja Tahun 2018.

Jumlah peserta yang mengikuti kursus sebanyak 20 orang, 5 orang dari mereka merupakan tenaga kerja yang dititipkan oleh Yayasan Triasih yang berlokasi di Jakarta Barat.

Dalam kegiatan pembukaan tersebut hadir Ibu Eny Susatyo yang mewakili Badan Pendiri yaitu YPKC dan YPMK Perdhaki, perwakilan Yayasan Triasih serta para pengajar Mutiara Kasih.

Kursus di Mutiara Kasih sendiri dilaksanakan selama kurang lebih 2 bulan, dengan pemberian materi teori 20 % dan praktek 80 %. Salah satu materi yang diberikan tentang pengasuhan bayi / anak, yaitu praktek membuat air tomat dan cara menyetrika pakaian bayi.

Selain praktek didalam kelas, para peserta juga melakukan praktek diluar kelas yaitu di Rumah Bersalin, Taman Penitipan Anak, dan Panti Werdha. Setelah proses pembelajaran teori dan praktek selesai, peserta pelatihan wajib mengikuti Uji Komptensi Pengasuh Bayi/Anak dan Pekarya Kesehatan (Care giver). Uji Kompetensi ini dapat berlangsung atas kerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Kompetensi yang disahkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Untuk peserta pelatihan angkatan 74 pelaksanaan uji kompetensi pengasuh bayi anak dilakukan pada tanggal 23 Oktober 2018, sedangkanĀ  uji kompetensi pekarya kesehatan (care giver) tanggal 25 Oktober 2018.

Dari pelaksanaan ujian ini, LSK Pengasuh Bayi Anak menugaskan 2 orang penguji dan 1 pengawas. Untuk pelaksanaan Uji Kompetensi Pekarya Kesehatan, LSK Pekarya Kesehatan menugaskan 3 penguji dan 2 pengawas. Semuanya itu demi kelancaran proses ujian. Pada kesempatan ini hadir juga perwakilan dari Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pelatihan ini selesai dan ditutup pada tanggal 26 Oktober 2018, yang dihadiri oleh Bapak Yudan Gaing SKM perwakilan dari Badan Pendiri Mutiara Kasih serta staf dan pengajar Mutiara Kasih.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *